No image available for this title

Text

Model Pengembangan Pembelajaran Digital pada Mata Kuliah Theory of Translation Berbasis Platform Android/ Ines Nur Irawan



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran digital teori penerjemahan di dengan berbasis platform Android. Model Pembelajaran ini dikhususkan untuk mengasah kemampuan penerjemahan pada mahasiswa semester 1, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris, Universitas Darma Persada. Selain itu, Model Pembelajaranini dapat mempermudah dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran. Model Pembelajaranteori penerjemahan ini dikemas dalam bentuk aplikasi pada ponsel pintar berbasis platformandroid. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses materi baik di dalam secara luring maupun di luar kelas secara daring. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang menempuh mata kuliah Theory of Translation, dosen mata kuliah Theory of Translation, ahli materi, dan ahli media. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, wawancara, dan angket. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang dipadukan dengan Jolly dan Bolitho sehingga terangkum dalam tiga tahap penelitian utama, yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pengembangan, dan 3) tahap validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata yang dihasilkan oleh ahli media adalah3,8dengan total 95% dan skor rata-rata sebesar 3,5 dengan total penilaian 89%oleh ahli materi yang dapatdikategorikan sangat layak. Kemudian, penilaian oleh dosen pengampumata kuliahTheory of Translationmemperoleh skor rata-rata 3,7 dengan total nilai 90,5% yang masukdalam kategori sangat layak.Selanjutnya, hasil uji cobaskala kecilyang dilakukan kepada 15 mahasiswa dengan skor rata-rata secara keseluruhan sebesar 3,9 dengan total persenan 97,5%terhitung dalam kategori layak. Dengan demikian,model Pembelajaranyang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.Berdasarkan hasil penelitian, produk model pembelajaran digital yang dinamai “GlossatorIn” ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah teori terjemahan dalam melaksanakan pembelajaran teori penerjemahan. Secara efisien, produk yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan menulis terjemahan maupun analisa terjemahan mahasiswa secara mandiri maupun berkelompok.


Availability

T0626LT/ts T0626Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ts T0626
Publisher Prodi Magister Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xx, 273 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/tes
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this