No image available for this title

Text

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 107 Jakarta : Suatu penelitian evaluasi program./ Billy Antoro



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian implementasi GLS di SMP Negeri 107 Jakarta pada tiap kegiatan (Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran) dan memahami secara mendalam hasil evaluasi menggunakan unsur Context, Input, Process, dan Product(CIPP) pada implementasi kegiatan Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan campuran (kuantitatifdan kualitatif). Metode pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai pencapaian implementasi GLS pada kegiatan Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran menunjukkan bahwa:(1) implementasi GLS pada kegiatan Pembiasaan mencapai 72,5%, artinya siswa telah melaksanakan program GLS dengan baik sesuai rencana dan harapan guru, (2) implementasi GLS pada kegiatan Pengembangan mencapai 60,3%, artinya siswa telah melaksanakan program GLS dengan cukup baik sesuai rencana dan harapan guru, dan (3) implementasi GLS pada kegiatan Pembelajaran mencapai 61,8%, artinya siswa telah melaksanakan program GLS dengan baik sesuai rencana dan harapan guru. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan evaluasi CIPP pada implementasi kegiatan Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran menunjukkan bahwa: (1) evaluasi Context, siswa, guru dan orang tua memandang program GLS dibutuhkan oleh siswa; (2) evaluasi Input, mayoritas guru belum memiliki kapasitas literasi yang memadai, Komite Sekolah dan orang tua mendukung program GLS, sudah ada Tim Pokja Literasi dan belum ada pelibatan publik; (3) evaluasi Process, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan terlibat dalam kegiatan 15 menit membaca, mayoritas guru sudah pernah mengajarkan strategi membaca dan merangkum yang benar; (4) evaluasi Product, mayoritas siswa, guru dan orang tua merasakan manfaat program GLS, program GLS memengaruhi kegiatan pembelajaran, perilaku, wawasan, dan keterampilan siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan GLS di SMP Negeri 107 Jakartaditeruskan dengan memperhatikan kelemahan dan kekurangan yang diungkap dalam penelitian ini.


Availability

T0627PB/ts T0627Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PB/ts T0627
Publisher Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 242 hlm. : Ilus.: 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/TES
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this