No image available for this title

Text

Manajemen Kurikulum SD Mentari Intercultural School Bintaro dengan Implementasi Kurikulum Ganda/ Andhy Arnita Pratami



Penelitian tentang kurikulum merupakan salah satu cara untuk mengetahui berbagai aspek yang berkaitan dengan sistem pendidikan Indonesia dengan negara tertentu, terutama dengan kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada sistem pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum yang digunakan di SD Mentari InterculturalBintaro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan perencanaan kurikulum di SD Mentari InterculturalBintaro telah dilakukan dengan cermat. SD Mentari InterculturalBintaro melakukan perencanaan kurikulum setiap tahun dengan memperhatikan output kurikulum tahun ajaran sebelumnya. Perencanaan kurikulum SD Mentari InterculturalBintaro menggunakan kurikulum Cambridge yang dipadukan dengan kurikulum nasional sehingga sekolah memiliki silabus tersendiri. Tahapan pengorganisasiankurikulum di SD Mentari Intercultural Bintaro dibuat sebagai satu kesatuan atau blended, beberapa mata pelajaran dipadukan antara kurikulum Cambridge dan kurikulum Nasional, sedangkan beberapa mata pelajaran lainnya masih mengikuti kurikulum Nasional yang berlaku di Indonesia. Tahapan pelaksanaankurikulum di SD Mentari InterculturalBintaro tahun ajaran 2020-2021 memiliki sedikit perbedaan dengan pelaksanaan kurikulumtahun ajaran sebelumnya. Implementasi kurikulum belum terlalu efektif dibandingkan implementasi kurikulum tahun ajaran sebelumnya. Tahap evaluasi kurikulum di SD Mentari InterculturalBintaro memperhatikan hasil supervisi dan monitoring yang dilakukan oleh pendidik selama tahun ajaran. Hingga saat ini proses pembelajaran jarak jauh dapat dikatakan efektif oleh sekolah karena sekolah tersebut cukup berhasil dalam mengimplementasikan kurikulumnya.


Availability

T0088MP/ts T0088Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0088
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xi, 122 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this