No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Augmented Reality/ Dian Syafitri Chani Saputri



iiiPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS AUGMENTED REALITYDian Syafitri Chani SaputriABSTRAKPemanfaatan teknologi Augmented Realitydalam Pendidikan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah dasar belum banyak memanfaatkan Augmented Realitysebagai media pembelajarannya. Tujuan umum dari penelitian ini adalahuntuk mengembangkan model pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 sekolah dasar yang memanfaatkan teknologi Augmented Realityuntuk meningkatkan penguasaan kosakata dan pelafalannya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode research and development(R&D). Dalam pengembangannya menggunakan model multimedia based instructional design(Lee & Owens). Pada tahap evaluasi menggunakan metode evaluasi formatif menurut Dick & Carey, yaitu review by experts, one-to-one evaluation by learners, small group evaluation, dan field trial. Instrumen yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang pakar. Uji validitas dan realibilitas dilakukan terhadap soal pretestdan posttest dengan hasil bahwa butir soal valid dan reliabel. Model pembelajaran yang dikembangkan direview oleh pakar desain instruksional, materi, media pembelajaran, dan teknologi informasi hingga dinyatakan layak untuk digunakan. Selanjutnya media pembelajaran diujicobakan melalui tahap evaluasi, yaitu evaluasi one-to-oneoleh siswa dengan hasil model pembelajaran layak digunakan,small groupevaluationdengan hasil media pembelajaran layak digunakan, serta ujicoba lapangan atau field trialdengan hasil model pembelajaran layak digunakan. Hasil uji kualitas produk diperoleh hasil model pembelajaran memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan. Hasil uji efektivitasdengan membandingkan hasil pretestdan posttestmenunjukkan terjadi peningkatan rerata nilai sebesar 16% dan peningkatan jumlah responden dengan kriteria Tuntas sebanyak 55%. Hasil seluruh pengujian di atas menyimpulkan bahwa model pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Augmented Realitydapat dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris khususnya kosakata. Kata Kunci :Augmented Reality, Kosakata Bahasa Inggris, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran.


Availability

D0203TP/ds D0203Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0203
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xiv, 431 hlm. : Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this