No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Tipe Kepribadian Terhadap Kepekaan Lingkungan (environmental sensitivity) : Penelitian eksperimen pada siswa kelas X-Akutansi SMK Yatindo Kota Bekasi. / AMINAH ZUHRIYAH



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN TIPE KEPRIBADIANTERHADAP KEPEKAAN LINGKUNGANAminah Zuhriyah1, I Made Astra2, Yufiarti3ABSTRAKPenelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruhdarimodel pembelajaran kolaboratif terkait dengan teknik structured problem-solvingversusteknik learning celldan tipe kepribadian terkait dengan tipe extrovertversusintrovertterhadap kepekaan lingkungan,pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model ANAVA 2 x 2 dan desain penelitian (R) O1X O2dan (R) O1X O2, pada siswa kelas X-Akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Yatindo, Kota Bekasi, secara keseluruhan sampelpenelitian sebanyak 60 siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran kolaboratifdengan teknik structured problem-solvingdan learning cell. Hasil penelitian ini adalah: 1).Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang belajar model pembelajaran kolaboratif teknik struktured problem solvingdengan siswa yang belajar model pemebelajaran teknik learning cellterhadap kepekaan lingkungan. 2).Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa tipe kepribadian extravertdengan siswa tipe kepribadian introvertterhadap kepekaan lingkungan.3). Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kolaboratif dan tipe kepribadian terhadap kepekaan lingkungan siswa. 4).Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang belajar model pembelajaran kolaboratif teknik struktured problem-solvingdan model pemebelajaran kolaboratif teknik learning cellpada siswa tipe kepribadian extrovertterhadap kepekaan lingkungan. 5).Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang belajar model pembelajaran kolaboratif teknik struktured problem-solvingdan model pemebelajaran kolaboratif teknik learning cellpada siswa tipe kepribadian introvertterhadap kepekaan lingkungan. 6). Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa tipe kepribadian extrovertdengan siswa tipe kepribadian introvertyang belajarmodel pembelajaran kolaboratif teknik structured problem-solvingterhadap kepekaan lingkungan. 7).Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa tipe kepribadian extrovertdengan siswa tipe kepribadian introvertyang belajar model pembelajaran kolaboratif teknik learning cellterhadap kepekaan lingkungan. Kata kunci: Kepekaan Lingkungan; Tipe Kepribadian; Model Pembelajaran Kolaboratif;


Availability

D0049PKLH/ds D0049Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PKLH/ds D0049
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 211 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PKLH/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this