Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Pendidikan Nilai Kemanusiaan di Sekolah Dasar Insan Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung, Bogor/ Valentina Palmarini Nugrahaningsih
Tujuan penelitian ini mengevaluasi Program PendidikanNilaiKemanusiaan di Sekolah Dasar Insan Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang dipecah menjadi Evaluasi Konteks, Evaluasi Input, Evaluasi Proses, dan Evaluasi Produk dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan analisisdata ditemukan bahwa evaluasi ProgramPendidikan Nilai Kemanusiaan untuk mendapatkan gambaran tentang efektivitas program pembelajaran yang menekankan nilai-nilai kemanusiaan dari mulai input, proses, dan hasil. Temuan hasil penelitian ini sebagai keseluruhan program Pendidikan Dasar Nilai Kemanusiaan untuk warga sekolah di Sekolah InsanTeladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor berada di bawah Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Karakter dalam hal ini PNK (Pendidikan Nilai Kemanusiaan), namun demikian, masih ada keberhasilan kriteria yang telah dipenuhi dan ditingkatkan sebagian. Secara terperinci, pembahasan hasil evaluasi program Pendidikan Nilai Kemanusiaan Siswa Sekolah Dasar Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor. Pendidikan Nilai Kemanusiaan terintegrasi dengan setiap mata pelajaran yang terkandung dalam kurikulum, bahan ajar, dan kegiatan pembelajarantematik adalah pendekatan yang cukup berarti untuk mengintegrasikan nilai-nilai manusia yang terkandung dalam rencana pembelajaran dan proses belajar mengajar. Pendidikan Nilai Kemanusiaan membekali orang-orang tentang cara mendapatkan kehidupan yang dipenuhi dengan cinta, kasih sayang, membantu memperluas pandangan seseorang dan menjadikannya berguna dalam masyarakat dan dunia yang lebih luas.
Kata kunci: Pendidikan, Nilai Kemanusiaan, Evaluasi Program CIPP.
Availability
T0093 | MP/ts T0093 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ts T0093
|
Publisher | Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
vi, 521 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available