No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pendidikan Nilai Kemanusiaan di Sekolah Dasar Insan Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung, Bogor/ Valentina Palmarini Nugrahaningsih



Tujuan penelitian ini mengevaluasi Program PendidikanNilaiKemanusiaan di Sekolah Dasar Insan Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang dipecah menjadi Evaluasi Konteks, Evaluasi Input, Evaluasi Proses, dan Evaluasi Produk dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan analisisdata ditemukan bahwa evaluasi ProgramPendidikan Nilai Kemanusiaan untuk mendapatkan gambaran tentang efektivitas program pembelajaran yang menekankan nilai-nilai kemanusiaan dari mulai input, proses, dan hasil. Temuan hasil penelitian ini sebagai keseluruhan program Pendidikan Dasar Nilai Kemanusiaan untuk warga sekolah di Sekolah InsanTeladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor berada di bawah Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Karakter dalam hal ini PNK (Pendidikan Nilai Kemanusiaan), namun demikian, masih ada keberhasilan kriteria yang telah dipenuhi dan ditingkatkan sebagian. Secara terperinci, pembahasan hasil evaluasi program Pendidikan Nilai Kemanusiaan Siswa Sekolah Dasar Teladan Kalisuren, Tajur Halang, Parung -Bogor. Pendidikan Nilai Kemanusiaan terintegrasi dengan setiap mata pelajaran yang terkandung dalam kurikulum, bahan ajar, dan kegiatan pembelajarantematik adalah pendekatan yang cukup berarti untuk mengintegrasikan nilai-nilai manusia yang terkandung dalam rencana pembelajaran dan proses belajar mengajar. Pendidikan Nilai Kemanusiaan membekali orang-orang tentang cara mendapatkan kehidupan yang dipenuhi dengan cinta, kasih sayang, membantu memperluas pandangan seseorang dan menjadikannya berguna dalam masyarakat dan dunia yang lebih luas.
Kata kunci: Pendidikan, Nilai Kemanusiaan, Evaluasi Program CIPP.


Availability

T0093MP/ts T0093Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0093
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
vi, 521 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this