No image available for this title

Text

Pengaruh Supervisi dan Komitmen Organisasi terhadap Kualitas Layanan Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Anyar Kabupaten Serang/ Abdul Halim



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara (1) supervisi terhadap Kualitas layanan guru, (2) komitmen organisasi terhadap kualitas layanan guru, (3) supervisi terhadap komitmen organisasi. Metode penelitian yang dipilih menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Dalam penelitian ini terdapat 115 orang sampel guru sekolah dasar negeri yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Berdasarkan deskripsi uji hopotesis di atas, diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut :(1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara supervisi terhadapkualitas layanan guru,Jumlah besaran yang diberikan tersebutditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,170dan koefisien jalur 0,306. Hal ini menujukkan bahwa Supervisi dapat meningkatkan Kualitas Layanan Guru.Dapat ditarik kesimpulan bahwaVariabel Supervisi yang terdiri dari beberapa indikatorTerbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap variabel kualitas Layanan guru(2) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara komitmen organisasi dengan kualitas layanan guru,Jumlah besaran yang diberikan tersebutditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,447dan koefisien jalur 0,609. Hal ini menujukkan bahwa Komitmen Organisasi dapat meningkatkan Kualitas Layanan Guru. Dapat disimpulkan bahwa Variabel Komitmen organisasi yang terdiri dari beberapa Dimensi yang mengandung beberpa IndikatorTerbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap variabel kualitas Layanan guru.(3) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara supervisi dengan komiten organisasiJumlah besaran yang diberikan tersebutditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,465dan koefisien jalur 0,407. Dapat disimpulkan bahwa Variabel Supervisi yang terdiri dari beberapa indikatorTerbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap variabel komitmen organisasi. Implikasi yang didapat dari penelitian ini yaituperlunya upaya untuk meningkatkan kualitas layanan guru melalui supervisi dengan cara (1) selalu diberikan arahan dan bimbingan dalam bekerja, (2) Dorongan untuk maju, (3) Bantuan dalam mengatasi masalah, (4) Pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan, (5) Penilaian hasil kerja, dan (6) penghargaan saat berprestas.upaya dalam meningkatkan kualitas layanan guru sekolah dasar negeri dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas supervisi dan kualitas komitmen organisasi.Selanjutnya Upaya meningkatkan Kualitas layanan guru melalui komitmen organisasi dengan upaya meningkatkan komitemn afektif, komitmen berkelanjutan dan komitmen normatif.


Availability

T0082MP/ts T0082Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0082
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 232 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this