No image available for this title

Text

Pengembangan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas IV Sekolah Dasar/ARROFA ACESTA



Tujuan penelitianadalah untuk mendeskripsikankelayakan modul IPA untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills(HOTS), metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, dan Evaluation).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Unggulan di Kuningan. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi dari aspek isi materi 3.93 dengan persentase 78.93% termasuk kategori layak aspek penyajian 4.19 dengan persentase 83.80% termasuk kategori sangat layak, ahli bahasa 4.64.dengan persentase 92.80% termasuk kategori sangat layak, Ahli desain 4.32 dengan persentase 86.40% termasuk kategori sangat layak, ahli media 4.36 dengan persentase 87.70% temasuk kategori sangat layak. Berdasarkan uji efektifitas penggunaan modul IPA berbasis multiple intellegencesdalam pembelajaran menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sesuai dengan hasil uji hipotesis yaitu nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0.00 lebih kecil dari Sig 0,05, hal ini berarti ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis multiple intellegences. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis multiple intellegences kelas IV SDN Unggulan telah memenuhikriteria kelayakan dan efektif dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Modul IPA, Multiple Intellegences, HOTS


Availability

D0102PD/ds D0102Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0102
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 220 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this