No image available for this title

Text

Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar yang Difasilitasi Multimedia Interaktif Berbasis Project-Based Learning/ Ahmad Habib



Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produkmultimedia interaktif berbasis PjBL (Project Based Learning) pada mata pelajaran IPA materi organ peredaran darah manusia dan hewan dan mengetahui efektivitas multimedia interaktif dalam meningkatkan kreativitassiswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan pretest-posttest control group design. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain produk, validasi dan evaluasi, dan uji coba. Validasi ahli melibatkan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Uji kelayakan produk melibatkan guru yang mengampu mata pelajaran IPA. Uji keterbacaan peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Trangkil 01 Pati dan kelas V MI Thoriqotul Ulum Patiyang terbagi dalam dua sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi ahli menunjukkan nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli media sebesar 4,13 yang masuk kategori baik; nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli materi sebesar 3,87 yang masuk kategori baik;nilai rata-rata hasil validasi oleh ahli bahasa sebesar 3,91 yang masuk kategori baik. Hasil uji empirik oleh guru dengan nilai rata-rata sebesar 3.42 yang masuk kategori baik, dan nilai rata-rata hasil ujicoba siswa adalah 4,2 yang termasuk kategori baik. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, homogenitas, perhitungan N-gain, dan uji-t dua pihak. Hasil analisis data kreativitasmenunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswadengan N-gain score sebesar 0,69dengan intepretasi sedang, lebih baik daripada penggunaan bahan ajar IPA non multimedia interaktif berbasis PjBL dengan N-gain score 0,08,dengan intepretasi rendah. Sedangkan hasil uji independent sample t-testdiketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kreativitassiswa pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif berbasis PjBLdengan kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis PjBL.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar.


Availability

T0102PD/ts T0102Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0102
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 131 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this