Record Detail
Advanced SearchText
Perkembangan Permainan Ngadu Kaleci Berbasis Angka pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Materi Faktor dan Kelipatan Bilangan
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ngadu kaléciberbasis angka yang layak untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika materi faktor dan kelipatan bilangan. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian research and development (R&D)dengan menerapkan model pengembangan Borg dan Gall yang dilakukan pembatasan. Teknik pengumpulan data analisis data yang dilakukan dalam peneilitian ini berupa data yang diperoleh melalui angket dalam penilaian kelayakan yang dengan penghitungan nilai rata-rata melui hasil yang diperoleh. Hasil validasi pengembangan permainan ngadu kaléciberbasis angka dilakukan oleh tiga orang ahli yang berbeda yaitu, ahli media, ahli materi dan ahli permainan menunjukkan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 3,2 dengan kategori baik untuk dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi faktor dan kelipatan bilangan. Adapun hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 6 orang siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 3,45 dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian kelayakan oleh guru ahli kelas IV diperoleh rata-rata skor sebesar 3,25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan ngadu kaléciberbasis angka layak untuk dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV di sekolah dasar.
Kata kunci: Permainan Ngadu Kaléci, Faktor dan Kelipatan Bilangan
Availability
T0104 | PD/ts T0104 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0104
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
x, 152 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available