No image available for this title

Text

Pengembangan Program Pembelajaran Agama Katolik dengan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) Bagi Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Jakarta/ Agustina Dede Mite



PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN AGAMA KATOLIK DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) Pendekatan project based learning(PjBL) adalah suatu pendekatan yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan program pembelajaranAgama Katolikdengan pendekatan project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Research& Developmentdengan model pengembangan model pengembangan instruksional (MPI) yang terdiri tahap pertama: mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menetapkan tujuan instruksional umum, tahap kedua melakukan analisis instruksional, tahap ketiga mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal dari peserta didik, tahap keempat menulis tujuan instruksional khusus, tahap kelima menyusun alat penilaian hasil belajar, tahap keenam mengembangkan bahan instruksional, tahap ketujuh menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif dan tahap kedelapan adalah implementasi evaluasi sumatif dan difusi Inovasi. Produk dari hasil pengembangan ini adalah program pembelajaran yang terdiri dari; garis besar program pembelajaran, strategi pembelajaran, bahan ajar dan rubrik penilaian sikap dan proyek. Setelah dilakukan kaji ahli, produk ini mendapatkan hasil yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji efektifvitas pos-testmendapatkan nilai rata-rata88,80 dan telah dihitung menggunakan aturan N-Gain Scoremenunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar sebesar 68,96%. Model pembelajaran projectini selain untuk meningkatkan hasil belajar, dapat juga meningkatkan sikap pada siswa seperti bersyukur, berbelas kasih dan peduli pada sesama. Kesimpulan penelitian bahwa pengembangan pembelajaran Agama Katolik dengan pendekatan project basedlearninglayak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didikdan pembentukan sikap siswa untuk bersyukur, belas kasih dan peduli pada sesama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Agama Katolik dengan project based learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek afektif maupun kognitif. Implikasinya project based learningdapat diterapkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran yang lain. Kata kunci: model pengembangan instruksional, pendidikan Agama Katolik, project based learning(PjBL)


Availability

T0115TP/ts T0115Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0115
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 173 hlm. : Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this