Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Kelekatan dan Regulasi Diri Terhadap Harga Diri Melalui Keterampilan Sosial pada Anak Usia 8 Tahun : Studi kausal pada anak usia 8 tahun se-DKI Jakarta Tahun 2018 / RINA SYAFRIDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelekatan dan regulasi diri terhadap harga diri melalui keterampilan sosial pada anak usia 8 tahun di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama delapan bulan mulai dari persiapan, penyebaran angket pada setiap sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan Teknik analisis jalur. Berdasarkan pengolahan data pada hasil penelitian, maka ditemukan beberapa pengaruh baik pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap harga diri, artinya anak yang memiliki kelekatan yang aman dengan orangtuanya akan memiliki harga diri yang tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak lekat dengan orangtuanya. 2) Terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap harga diri, berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa harga diri dipengaruhi secara langsung positif oleh regulasi diri. 3) Terdapat pengaruh langsung positif keterampilan sosial terhadap harga diri,meningkatnya keterampilan sosial akan mengakibatkan peningkatan harga diri. 4) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap keterampilan sosial, meningkatnya kelekatan aman akan mengakibatkan peningkatan keterampilan sosial. 5) Terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap keterampilan sosial, meningkatnya regulasi diri akan mengakibatkan meningkatnya keterampilan sosial. 6) Terdapat pengaruh langsung positif kelekatan terhadap regulasi diri, meningkatnya kelekatan aman akan mengakibatkan peningkatan pengaturan diri.7) Terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial, 8) Terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial. Harga diri anak dipengaruhi secara langsung positif oleh kelekatan, dan regulasi diri melalui keterampilan sosial. Artinya dengan adanya keterampilan sosial sebagai variabel mediator semakin memberikan dampak positif terhadap tingginya harga diri anak.Analisis pengaruh tidak langsung terhadap harga diri anak, merujuk pada konstelasi penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung kelekatan terhadap harga diri melalui keterampilan sosial dan terdapat pengaruh tidak langsung regulasi diri terhadap harga diri melalui keterampilan sosial. Artinya harga diri anak dipengaruhi secara positif oleh kelekatan dan regulasi diri dengan hadirnya keterampilan sosial.
Kata kunci :kelekatan, regulasi diri, harga diri, keterampilan sosial.
Availability
D0038 | PAUD/ds D0038 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ds D0038
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xxi, 377 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available