No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kearsipan/ Badriyah



Penelitian ini dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta, Program Studi Administrasi Bisnis semester genap TA 2019/2020 pada bulan November 2019s.d Maret2020dengan perlakuan diberikan selama 8 (delapan) kali pertemuan termasuk tes awal dan tes akhirdengan metode eksperimen, adapun desain penelitian adalah disain treatment by level2 x 2. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar matakuliah kearsipan pada mahasiswa administrasi perkantoran, antara mahasiswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PBL (Problem Based Learning)dan mahasiswa yang belajar dengan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning)danInteraksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awaladministrasi perkantoran terhadap hasil belajar matakuliah kearsipan.Pengaruh strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning)lebih tinggi bagi mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan awalrendah daripada strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning)terhadap hasil belajar kearsipan.Mahasiswa dengan kemampuan awal rendah dengan menggunakan strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning)akan lebih baik dengan menyelesaikan permasalahan bersama teman kelompoknya. Sehingga strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning)mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaranCTL (Contextual Teaching Learning).Untuk meningkatkan hasil belajar kearsipan bagi mahasiswa di Politeknik LP3I Jakarta, jurusan administrasi perkantoranyang memiliki kemampuan awal tinggi menggunakan strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning)hasil belajar lebih tinggi, begitu juga bagi mahasiswa yang memilikikemampuan awal rendah dapat ditingkatkan hasil belajarnya dengan mengikuti strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning).Secara umum,untuk meningkatkan hasil belajar kearsipan mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta, jurusan administrasi perkantoran dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran PBL(Problem Based Learning).
Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran ,Problem Based Learning, Contextual Teaching Learning, dan Kemampuan Awal


Availability

T0120TP/ts T0120Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0120
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
ix, 144 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this