No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam/ Ida Nurhayati



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir KreatifTerhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam(PAI) siswa SMKN 1 Setu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel, yakni: variabel terikat(Y) yaitu hasil belajar Pendidikan Agama Islam(PAI) dan variabel bebas yang terdiridari variabel perlakuan yaitu strategi pembelajaran (A) dan variabel atribut kemampuan berpikir kreatif(B). Strategi pembelajaran diklasifikasikan dalam strategi pembelajaran Problem Based Learning(PBL) (A1) dan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning(CTL) (A2), sedangkan kemampuan berpikir kreatifdiklasifikasikan dalam kemampuan berpikir kreatiftinggi (B1) dan kemampuan berpikir kreatifrendah (B2). Sampel penelitian ini sebanyak 36responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes kemampuan berpikir kreatifdan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Kedua, Hasil penelitian juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatifsiswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam(PAI) siswa SMKN 1 Setuyang memiliki kemampuan berpikir kreatiftinggi dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning(PBL), sedangkan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam(PAI) siswa SMKN 1 Setuyang memiliki kemampuan berpikir kreatifrendah dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).
Kata Kunci : PBL, CTL, Kemampuan Berpikir Kreatif


Availability

T0121TP/ts T0121Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0121
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xv, 185 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this