No image available for this title

Text

Agilitas Organisasional: Kajian Pengaruh Kepemimpinan Kewirausahaan, Budaya dan Pembelajaran Organisasional :Studi pada UKM Perkampungan Industri Kecil Jakarta Timur/ Zulvia Khalid



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan kewirausahaan, budaya organisasionaldan pembelajaran organisasional terhadap agilitas organisasional pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam perspektif perilaku organisasional menurut kaidah logico hypothetico verificative. Sample dalam penelitian ini berjumlah 200 responden yang merupakan karyawan UKM di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Data diperoleh melalui metode survey menggunakan kuesioner yang dikuantifikasi ke dalam skala likert satu sampai lima. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap agilitas organisasional (2) budaya organisasionalberpengaruh positif dan signifikan terhadap agilitas organisasional (3) pembelajaran organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap agilitas organisasional, (4) Kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasional, (5) Kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran organisasional, (6) Budaya organisasionaltidak berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran organisasional, (7) kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap agilitas organisasional melalui budaya organisasional, (8) Kepemimpinan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap agilitas organisasional melalui pembelajaran organisasional. Selain itu juga ditemukan bahwa variabel yang paling kuat pengaruhnya secara langsung terhadap agilitas organisasional adalah pembelajaran organisasional. Selain itu ditemukan bahwa budaya organisasi dan pembelajaran organisasionalmemediasi secara parsial hubungan antara kepemimpinan kewirausahaan dan agilitas organisasional. Temuan penelitian ini dapat memberikan pedoman bagi pengusaha UKM dalam menentukan upaya dan kebijakan dalam peningkatan agilitas organisasionalmelalui pembelajaran organisasional, budaya dan kepemimpinan kewirausahaan.
Kata kunci: agilitas organisasional, kepemimpinan kewirausahaan, budaya organisasional, pembelajaran organisasional, Usaha kecil dan menengah (UKM).


Availability

D0370IM/ds D0370Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/ds D0370
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 302 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this