Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Panduan Mengidentifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Bagi Guru TK : Penelitian Research and Development / Debby Ashari
Guru mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi awal anak berkebutuhan khusus yang ada di sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian dan pengembangan. Sampel penelitian ini adalah para guru yang mengajar di lembaga Taman Kanak-kanak yang bertugas di provinsi DKI Jakarta dengan jumlah guru 51 orang. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus. Kebaruan penelitian ini adalah dihasilkannya panduan yang mengelaborasi model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation denganmodel Rowentree yang telah teruji. Dampak dihasilkannya panduan ini adalah adanya tahapan perencanaan, persiapan, serta tahapan penulisan dan penyuntingan yang dapat memudahkan para guru dalam mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah. Pengembangan produk panduan ini perlu terus dilakukan di lapangan dan dikembangkan agar lebih teruji lagi.
Kata Kunci: anak berkebutuhan khusus; identifikasi; panduan; sekolah inklusi.
Availability
T0022 | PAUD/ts T0022 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ts T0022
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2021 |
Collation |
xv, 286 hlm. : ilus. ; 30 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available