No image available for this title

Text

Implementasi Program Lesson Study Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris :Evaluasi di Univeritas Cokroaminoto Palopo/ Paldy



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapanprogram lesson study pada tingkat perguruan tinggi.Program tersebut diterapkansebagaiwadah pengkajian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalismedosen. Program lesson studyditetapkan sebagai penciri dan menjadi unggulan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan dan sejalan dengan visi dan misi fakultas dan program studi.Selama proses pelaksanaan program, ditemukan kelemahan dan kekurangan yang terjadi sehingga penerapan program LS teresbut perlu dievaluasi. Analisis yang dilakukan pada penerapan lesson study secara menyeluruh, mulai dari aspek konteks, input, proses, dan output dengan melakukan wawancara kepada Dekan FKIP dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, memberikan angket terbuka kepada 16 dosen dan 45 mahasiswa, dan mengidentifikasi video recording proses pembelajaran. Analisis menyeluruh pada 4 aspek tersebut mengacu pada kriteria keberhasilan program yang merupakan pedoman dan dasar penetapan keputusan hasil evaluasi pelaksanaan LSdi perguruan tinggi.Hasil evaluasi digunakan sebagai bahan revisi untuk meningkatkan kualitas lesson studyyang diterapkan, khususnya pada perbaikan kualitas pembelajaran dan profesionalisme dosen. Hasil revisi tersebut menjadi input untuk pengembangan pembelajaran bahasa di program studi Pendidikan Bahasa Inggris terkait dengan pengkajian pembelajaran melalui program LS. Berdasarkan kriteria keberhasilan program lesson study, hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan lesson studybelum pada tahap maksimal, ditemukan beberapa kelemahan terkait pada aspek proses dan output, seperti kurangnya konsistensi dan komitmen dosen sebagai observer. Kualitas pembelajaran dinyatakan masih dalam proses peningkatan. Hasil evaluasi dijadikan sebagaipedoman praktis bagi stakeholderuniversitas dalam rangka mengembangkan pelaksanaan program lesson studyuntuk memberikan kualitas yang lebih baik kedepannya.
Kata kunci: Program Lesson Study; Evaluasi CIPP, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris; Pengembangan Profesionalisme, Kualitas Pembelajaran.


Availability

D0030LT/ds D0030Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0030
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 156 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this