No image available for this title

Text

Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Cipanas Kabupaten Lebak ( Penelitian Etnografi) / Reni Nur Eriyani



Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih detail tentang pembelajaran menulis bahasa Indonesia di SMAN 1 Cipanas Kabupaten Lebak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan dengan melalui studi dokumentasi, observasi, rekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Temuan yang didapatkan dari hasil penelitianini yaitu pertama, kurikulum yang digunakan kurikulum 2013. Kedua, tujuan pembelajaran menulis adalah agar siswa dapat terampil menulis dalam berbagai teks yang disesuaikan dengan amanat kurikulum. Ketiga, materi pembelajaran menulis menggunakan model-model tulisan dari guru, siswa lain yang sudah berhasil mendapatkan penghargaan. Keempat, pendekatan dan metode yang digunakan variatif, seperti pendekatan yang berfokus kepada siswa, berbasis genre teks, kolaboratif, saintifik, kontekstual, dan komunikatif.Kelima, evaluasi yang dilakukan oleh guru komprehensif. Guru melakukan evaluasi proses dan hasil yang kemudian untuk refleksi proses pembelajaran berikutnya. Keenam, lingkungan kebahasaan yang dimunculkan di sekolah memberikan dan mendorong siswa untuk secara aktif berlatih dan menghasilkan karyatulis.
Kata kunci: Pembelajaran menulis, etnogafi


Availability

D0407LT/ds D0407Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0407
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 420 hlm. : ilus; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this