No image available for this title

Text

Pengembangan Permainan Monopoli Karakter pada Pembelajaran IPA Materi Organ PeNcernaan Manusia Berwawasan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD/ Siti Rahmawati Muslim



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Permainan Monopoli Karakter pada pembelajaran IPA berwawasan lingkungan materi Organ Pencernaan menjadi media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA sehingga monopoli karakter berwawasan lingkungan materi Organ Pencernaan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih sering dikenal dengan research and development.Peneliti menggunakan model pengembangan dengan ADDIEyang terdiri dari lima langkah, yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation.Hasil penelitian ini adalah media permainan Monopoli Karakter berwawasan lingkungan yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V sekolah dasar. Hasil rata-rata presentase penilaian ahli materi, ahli media dan ahli bahasa terhadap permainan monopoli karakter berwawasan lingkungan mencapai 90%. Hasil evaluasi kuesiner one to oneyang didapatkan didapatkan hasil sebesar 98%. Hasil evaluasi kuesioner small groupyang didapatkan hasil sebesar 97%. Permainan monopoli karakter berwawasan lingkungan pada pembelajaran IPA materi organ pencernaan manusia juga dilakukan pretestpada saat sebelum menggunakan produk permainan dan posttestpada saat sesudah melakukan pembelajaran menggunakan produk. Hasil nilai rata-rata prestestpada saat evaluasi one to onesebesar 66, sedangkan posttest pada saat evaluasi one to onesebesar 79. Hasil nilai rata-rata prestest pada saat evaluasi small group sebesar 62, sedangkan small group pada saat evaluasi one to onesebesar 82.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada materi organ pencernaan manusia berwawasan lingkungan dapat ditingkatkan menggunakan media permainan monopoli karakter yang dikembangkan oleh penelitian ini.
Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Monopoli karakter, Pembelajaran IPA materi organ pencernaan manusia berwawasan lingkungan.


Availability

T0107PD/ts T0107Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0107
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 218 hlm. : ilus. ; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this