No image available for this title

Text

Kecakapan Literasi Membasa dan Menulis Melalui Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas II SD : Studi kasis di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun



Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan pengembangan kecakapan literasi membaca dan menulis siswa kelas II SD Islam Al-Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang memanfaatkan observasi, wawancara, studi dokumen, dan tes sebagai teknik pengumpulan datanya. Pengembangan literasi membaca dan menulis pada siswa SD kelas II dimulai dari proses telaah kurikulum darurat, perancangan silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil kegiatan pembelajaran membaca yang terdiri dari tiga kegiatan membaca yaitu membaca nyaring teks bacaan, membaca pemahaman, dan membaca teks puisi menunjukkan tingkat kecakapan membaca siswa yang baik sekali. Pembelajaran menulis yang difokuskan pada menulis puisi sederhana sesuai gambar dan menulis teks sederhana sesuai gambar dengan menggunakan tanda baca titik dan huruf kapital juga menunjukkan kecakapan siswa yang sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan olehSD Islam Al-Azhar 13 Rawamangundalam rangka meningkatkan kecakapan literasi membaca dan menulis siswa telah berhasil efektif dengan berbagai faktor pendukungnya.
Kata kunci: literasi membaca, literasi menulis, pembelajaran daring.


Availability

T0109PD/ts T0109Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0109
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
vii, 201 hlm. : ilus. ; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this