No image available for this title

Text

Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik di SD Daarul Qur'an Kalibata City/ Siti Munawaroh



Wabah Corona membuat segala bidang kehidupan mengalami perubahan rutinitas, termasuk dalam bidang pendidikan. Semula belajar secara offlinenamun saat ini harus belajar secara online. Setiap guru harus mengajar secara kreatif dengan berbagai sumber media pembelajaran yang interaktif, hal tersebut agar pembelajaran dapat terhubung dengan baik salah satunya pada mata pelajaran matematika. Beragam pendekatan pembelajaran dilakukan ketika mengajar agar siswa mampu memahami setiap materi pembelajaran. Penelitianini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City, (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring materi pecahan senilai di kelas 4 SD Daarul Qur’an Kalibata City, (3) Mengetahui hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Daarul Qur’an Kalibata City. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru matematika, orang tua, dan siswa kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 dalam mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City, terkait dengan kurikulum, silabus, dan RPP yang dipakai guru dalam merencanakan pembelajaran dilakukan secara daring masih sama seperti pembelajaran offline.Proses pembelajarannya menggunakan aplikasi zoom. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran daring materi pecahan senilai di kelas 4 SD Daarul Qur’an Kalibata City berjalan dengan lancar. Walaupun ada hambatan tetap bisa diselesaikan. (3) Adapun hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SD Daarul Qur’an Kalibata City yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengirimkan soal latihan setelah selesai pembelajaran. Selain itu dibantu dengan ulangan harian, UTS, UAS, dan UKK. Semua itu dilaksanakan menggunakan aplikasi google form.
Kata Kunci : Pembelajaran daring, Mata pelajaran Matematika, Pendekatan saintifik


Availability

T0111PD/ts T0111Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0111
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 200 hlm. : ilus. ; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this