Record Detail
Advanced SearchText
Partisipasi Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cipedak, Jakarta / Siti Maidona
Tujuan Penelitian iniuntukmenganalisis dan mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cipedak, Jakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengandesain studi fenomenologi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dataHasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1)Kelompokmasyarakat yang berpartisipasi dalam peningkatan mutu Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cipedak, Jakartaterdiri dari orang tua siswa yang tergabung dalam Dewan Sekolah dan Dewan Kelas, orang tua siswa secara keseluruhan, alumni, lembaga swadaya masyarakat(LSM)serta masyarakat sekitar, (2) Peran partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cipedak, Jakartapada Dewan Sekolah dan Dewan Kelas sebagai perwakilan orang tua siswa di SAI terdapat3 peran yaitu pembina, pengawas dan pelaksana. Peran orang tua siswa secara keseluruhan adalah mensupportdan berkolaborasi dengan sekolah dalam berbagai kegiatan belajar mengajar (KBM). Peran alumni dilibatkan dalam kegiatan dalam kelulusan siswa SAI, untuk sharingbagaimana kegiatan setelah lulus dari SAI, pengalaman kuliah atau pengalaman kerja dan pengalaman berorganisasi. Peran lembaga swadaya masyarakat (LSM)menyediakan fasilitas kegiatan seperti konsumsi dan transportasi), bantuan pendanaan kegiatan baik kegiatan sosial maupun kegiatan lingkungan, sebagai tim edukasi masyarakat, dan narasumber dalam kegiatan siswa dan guru. Peran masyarakat sekitar adalah memberikan dukungan terhadap kegiatan sekolah.(3) Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cipedak, Jakarta yaitu partisipasi sebagai pengurus Dewan Sekolah dan Dewan Kelas, dalam kegiatan-kegiatan sekolah, dan berasal dari eksternal Sekolah Alam Indonesia (SAI), Cipedak Jakarta.(4) Strategi Sekolah alam Indoenesia (SAI) Cipedak, Jakarta dalam meningkatkan partipasi masyarakat antara lain adalah menjalin komunikasi yang efektif dengan orang tua dan masyarakatdan melibatkan masyarakat dalam program sekolah.
Kata kunci: peran, partisipasi masyarakat, mutu sekolah
Availability
T0090 | MP/ts T0090 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ts T0090
|
Publisher | Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xv, 159 hlm. : ilus. ; 29 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available