Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Iklim Organisasi, Komitmen Organisasional, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kualitas Layanan pada Universitas Kristen Indonesia/ EDISON SIREGAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidan menganalisispengaruh iklim organisasi, komitmen organisasional, dan OCB terhadap kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan analisis jalur yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan di Universitas Kristen Indonesia dengan sampel 150 karyawan yang dipilih dari 243 orang karyawan melalui simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah: (1)ada pengaruh langsung positif iklim organisasi terhadap kualitas layanan, (2) ada pengaruh langsung positip komitmen organisasional terhadap kualitas layanan, (3) ada pengaruh langsung positip OCB terhadap kualitas layanan, (4) ada pengaruh langsung positip iklim organisasi terhadap OCB, (5) ada pengaruh langsung positip komitmen organisasi terhadap OCB, (6) ada pengaruh tidak langsung positip iklim organisasi terhadap kualitas layanan melalui OCB, dan (7) ada pengaruh tidak langsung positip komitmen organisasional terhadap kualitas layanan melalui OCB. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan dipengaruhi oleh variabel seperti iklim organisasi, komitmen organisasional, dan OCB.Kebaruan dalam penelitian (1) dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya, variabel-variabel yang diteliti secara parsial ada kesamaan namun secara simultan dengan menganalisa pengaruh tidak langsung iklim organisasi dan komitmen organisasional terhadap kualitas layanan melalui organizational citizenship behaviorsebagai variabel intervening belum ada penelitian yang sama dengan penelitian ini, dan (2) belum pernah ada penelitian serupa di Universitas Kristen Indonesia yang menggunakan variabel iklim organisasi, komitmen organisasional, organisational citizenship behavior, dan kualitas layanan.
Kata kunci: iklim organisasi, komitmen organisasional, organizational citizenship behavior,kualitas layanan
Availability
D0367 | IM/ds D0367 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
IM/ds D0367
|
Publisher | Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xix, 332 hlm. : ilus. ; 29 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
IM/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available