Image of Metode Penelitian Kuantitatif: Kajian Teoritik dan Praktik

Text

Metode Penelitian Kuantitatif: Kajian Teoritik dan Praktik



Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berakar pada paradigma positivisme, yaitu paradigma penelitian yang memandang segala sesuatu pasti memiliki sebab akibat (hukum kausalitas). Penelitian kuantitatif juga dipandang sebagai penelitian yang paling murni dan paling objektif karena menggunakan variabel penelitian yang jelas, kontrol yang ketat dan diuji secara teliti melalai beberapa tahapan untuk meminimalkan bias yang diprediksi mempengaruhi hasil penelitian. Namun, pada perkembangannya banyak pihak yang menandang metode penelitian kuantitatif sebagai metode penelitian yang statis dan kurang menghargai unsur kemanusiaan, terutama penelitian bidang pendidikan. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, jika para peneliti kuantitatif bidang pendidikan lebih cermat memandang dinamika yang berkembang dalam dunia pendidikan. Harapannya, hasil-hasil penelitian akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Hasil penelitian tidak akan memiliki nilai guna apabila hanya mendaur ulang isu-isu yang sudah ada dan sudah sering diteliti.
Hal lain yang tidak kalah pentingnya bagi para peneliti bidang pendidikan adalah mencermati karakteristik kondisi, yaitu objek dan subjek yang menjadi latar penelitian. Mungkin saja sebuah isu sudah tidak relevan di satu tempat, namun masih sangat relevan di tempat lain dan sebaliknya. Salah satu contoh, penelitian dengan variabel metode pembelajaran konvensional sudah tidak relevan jika diteliti di tempat yang sudah menggunakan teknologi berbasis internet, namun masih releven jika dilakukan di tempat yang masih menggunakan model-model pembelajaran tradisional.


Availability

2021018253ham001.42 HAM mPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
2022018712ham001.42 HAM mPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
001.42 HAM m
Publisher Literasi Nusantara : Malang.,
Collation
viii, 194 hlm. : ilus. ; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-6508-29-9
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this