Record Detail
Advanced SearchText
Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan: Studi kasus di SDN 39 Kota Ternate / Syarif Abdullah
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu terkait dengan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 39 kota Ternate.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menjadi responden dalam penelitian ini adalah semua guru dan kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri 39 kota Ternate. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan enam tahapan (1) mengorganisasi data, (2) mengeksplorasi dan mengode data, (3) mengode untuk membangun deskripsi dan tema, (4) merepresentasikan dan melaporkan temuan kualitatif, (5) menginterpretasi temuan, dan (6) memvalidasi keakuratan temuan. Sedangkan pengecekan keabasahan menggunakan dua tahap yaitu, triangulasi dan member checking. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter sudah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 39 kota Ternate. Hasil yang diperoleh bahwa penerapan Penguatan Pendidikan Karakter di kelas melaui pembelajaran yang mendalam (deep learning)memperoleh presentase78%, sedangkan penerapan melalui budaya sekolah dilakukan lewat kegiatan rutin, spontan, terprogram, dan keteladanan dengan presentase 75%, dan kerja sama orang tua/masyarakat masing-masing 67% dan 50%. Orang tua dilakukan lewat membangun komunikasi yang itens, sosialisasi program sekolah, pembiasaan dirumah, dan terlibat dalam pengembangan potensi dan bakat siswa. Sedangkan dengan masyarakat, sekolah mengikutsertakan siswa ke dalam kegiatan sosial, berbagai informasi kepada sekolah jenis kegiatan yang dilakukan siswa di lingkungan sekitar, dan melibatkan masyarakat untuk berbagi kemampuan dalam pengembangan potensi dan bakat siswa.
Kata Kunci : Implementasi, PPK, Satuan Pendidikan
Availability
T0191 | PD/ts T0191 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0191
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xvii, 80 hlm. : ilus. ; 29 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available