No image available for this title

Text

Pembelajaran Berbicara Bahasa Prancis Anak Usia 6-12 Tahun dengan Media Audiovisual di Institut Francais Indonesia/ Anna Meifarolina



Media ajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, begitu pula dalam pemerolehan bahasa Prancis di Institut Français Indonesia di Jakarta. Lembaga ini menyediakan beberapa kelas untuk anak-anak belajar bahasa Prancis di akhir pekan. Kemudian seperti yang kita ketahui, memang memilih media yang baik dan cocok untukanak cukup penting dalam pengajaran bahasa. Maka, penelitian ini akan mendeskripsikanproses pembelajaran bahasa Prancis dengan penggunaan media audiovisual khususnya untukanak-anakdiInstitut FrançaisIndonesia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan bertujuanuntuk mendeskripsikan penggunaan media audiovisual di kelas bahasa Prancis untuk anakusia 6-12 tahun dan untuk melihat perbedaan hasil belajar mereka berbicara bahasa Prancis.Penelitian dilakukan di kelas bahasa Prancis untuk anak-anak di Institut Français Indonesiasetiap akhir pekan mulai pukul 13.30 hingga 17.00 melalui observasi dan dokumentasi.Partisipandalam penelitianini adalah 9anak denganrentangusia 6 sampai 12 tahun. Pertama, peneliti mengamati situasi di dalam kelas tanpa penerapan media audiovisual. Kemudian direncanakan dua kali pertemuan dengan bantuan berbagai media audiovisual. Langkah selanjutnya adalah membandingkan situasi kelas dan hasil tes berbicaratanpamediaaudiovisualdandualainnyadenganberbagaimediaaudiovisual.Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, ceria, dan kreatif di dalam kelas.Keuntungan lain dari penggunaan ini adalah bahwa penggunaan media audiovisual dalam proses pembelajaran bahasa Prancis membuat siswa berkonsentrasi dengan baik selama proses pembelajaran berbicara bahasa Prancis didalam kelas.
Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Prancis Anak, Keterampilan Bahasa Prancis, Media Pengajaran Audiovisual.


Availability

T0197PB/ts T0197Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PB/ts T0197
Publisher Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
vii, 102 + ..., hlm. : Ilus ; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PB/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this