Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Motivasi Akademik dan Efikasi Diri Literasi Informasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa/ Fera Fazriani Nurafifah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi akademik dan efikasi diri literasi informasi terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Kuningan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studiPendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Kuningan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif pada tahun ajaran 2019/2020 yaitu angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 183 orang. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan memilih secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Penelitian ini menggunakan metode path analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Hasil uji linieritas menunjukan bahwa semua nilai koefisien jalur antar variabel penelitian nilainya lebih dari ttabeldengan koefisien α = 0,05 sehingga H0ditolak dan H1diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, 1) motivasi akademik mahasiswa berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,82; 2) efikasi diri literasi informasi berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,18, dan 3) motivasi akademik berpengaruh langsung terhadap efikasi diri literasi informasi mahasiswa sebesar 0,98.
Kata Kunci : Motivasi Akademik, efikasi diri literasi informasi, prestasi akademik
Availability
T0007 | PD/ts T0007 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0007
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xvi, 217 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available