No image available for this title

Text

Pengembangan Model Siklus Belajar Bebasis Positive Learning Environment (SIBELPOLEN) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD/MI / ATIKAH SYAMSI



Penelitian ini mengembangkan model siklus belajar berbasis positivelearningEnvironment(Sibelpolen) dalam Pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa MI/SD yang disusun dalam bentuk tahapan desain pembelajaran. Tujuan penelitian ialah1)Menghasilkan desain model Sibelpolendalam Pembelajaran IPAuntuk siswa SD/MI,2) Mengetahui efektifitasdan kelayakanmodel sibelpolendalammeningkatkan literasi sains siswa3) Implementasimodel sibelpolen dalam pembelajaran IPA di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model(RnD), denganmengkombinasikan model Borg & Gall(1993)danASSURE (Smaldino, 2011) menjadi beberapa kategori, yaitu : 1) Studi Pendahuluan; studi literatur dan lapangan; 2) Perencanaan Pengembangan; analisis Pembelajar dan Penetapan tujuan; 3) Pemilihan & Penggunaan metode, media dan materi; 4) Pengembangan Model yang membutuhkan validasi ahli, uji coba kecil, uji coba kelompok hingga evaluasi produk final; 5) Implementasi model di kelas.Adapun subjek penelitian57siswakelas V SD dari MI An-Nur dan MI PGM, dengan tehnik pengumpulandata menggunakan observasi, interview, kuesioner dan tes. Sedangkan analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan untuk analisis kuantitatif menggunakan uji validasi teoritis dan empiris. Dalam needassessmentdiperoleh hasil analisisberupates literasi sains siswa sebesar85,7% siswa belum mampu menjawab latihan soal literasi. Adapun hasil penelitianmeliputi:1) Desain model pembelajaran IPA sibelpolen dalam bentuk sintaks pengajaran 8E(elicit, encourage, engagement,exploration, explanation, elaboration, evaluation&enjoyable reflection,2) Model Sibelpolen layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SD/MI dibuktikan melalui validasiahli (teoritis) dan empiris, Hasil uji validasi Ahlimemenuhikriteria layak digunakan setelah revisi kecil dengan kriteria baik (rerata3,4)untukvalidasimodul Sibelpolen & materi literasi sains, sedangkan untuk validasi modelmemperoleh kriteria sangat baik (rerata 3,65). Hasiluji validasiempirismelalui uji t paired samplepretes-postes pada uji coba terbatasdiperoleh rerata N-gain sebesar 58%, Ujicoba DiperluasI sebesar37%, dan uji coba DiperluasII sebesar 56%dengan kategori cukup efektif, 3) Hasil implementasi modelsibelpolen dalam pembelajaran IPA diterapkan dalam 3 tahap yaitu kegiatan awal (elicit&encourage), kegiatan inti (engagement, exploration, explanation, elaboration) dan kegiatan akhir (evaluation&enjoyable reflection) melalui aktifitas menulis pengalaman menyenangkan. Kesimpulannya ialah model Sibelpolendalam Pembelajaran IPA, terbukti mampu meningkatkan literasi sains siswa secara signifikan dan cukup efektif pada siswa kelas 5 MI di Kota Cirebon.
Kata Kunci: Literasi, Sains, Siklus Belajar, Positive Learning Environment


Availability

D0016PD/ds D0016Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0016
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 331 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this