No image available for this title

Text

Pengembangan Instrumen Supervisi Klinis Guru Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Multi Facet Rasch Model/ Yuni Asdhiani



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(i)efek penilai (ii) validasi (iii) reliabilitas instrumen penilaian supervisi klinis pada guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berupa penelitian pengembangan dengan tujuan menghasilkan produk berupa instrumen penilaian supervisi klinis pada guru Pendidikan Agama Islam. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R & D. Populasi penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam yang tersertifikasi di Kabupaten Bekasi. Sampel penelitian sebanyak 50 ratee/guru Pendidikan Agama Islam diambil secara stratified proporsionalrandom sampling.Jumlah rater/Pengawas Pendidikan Islam sebanyak 7 orang dan jumlah item indikator sebanyak 23 buah menggunakan rubrik penilaian.Data penelitian diambildengan menggunakan instrumen berupa angket, dan dianalisis menggunakan Multi facets Rasch Model.Hasil penelitian ini menunjukkan: (i) tidak terdapat efek penilai yang parah pada instrumen penilaian supervisi klinis guru Pendidikan Agama Islam namun mempunyai efek penilai yang longgar dan moderat (ii) hasil validasi isi pada instrumen supervisi klinis pada guru Pendidikan Agama Islam berdasarkan nilai CVR yaitu 0,99 maka seluruh butir dinyatakan valid dan layak digunakan (iii) Hasil reliabilitas pada penelitian skala besar pada item indikator awal 23 menjadi 20 dengan mengcleaning nomor item 2,12 dan 21, sehingga nomor item indikator tersisa 20 item dengan nilai reliabilitas 0,98 artinya instrumen mempunyai kualitas stabilitas yang cukup tinggi hal tersebut menunjukkan keandalan antar rater yang baik.
Kata kunci : Supervisi klinis, Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam, MFRM


Availability

D0023PEP/ds D0023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0023
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 294 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this