No image available for this title

Text

Pengembangan Instrumen Literasi Kuantitatif untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV / Dameis Surya Anggara



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi kuantitatif sekolah dasar kelas IV yang memiliki kriteria valid secara isi, valid secara internal, reliabel, bebas dari DIF, serta dapat memberikan informasi tentang kemampuan literasi kuantitatif siswa sekolah dasar kelas IV. Atas dasar tujuan tersebut, maka digunakanlah metodologi Research and Developmentdengan prosedur penelitian terdiri dari empat langkah yaitu : Define,Design,Develop, danDisseminate.Tahapdefine,instrumen dikonstrukdari kemampuan interpretasi, representasi, kalkulasi, asumsi, analisis, dan kemampuan komunikasi. Tahap design, instrumen dikembangkan sebanyak 40 item pilihan ganda kemudian dinilai validitas isi oleh 6 pakar dengan analisis CVI. Tahap develope, instrumen diuji ke 480 siswa kelas IV di Kota Semarang dan Kabupaten Demak kemudian dianalisis karakteristik item dan karakteristik responden menggunakan Pendekatan Rasch Model. Tahap disseminate, instrumen disebarluaskan ke sekolah-sekolah responden.Hasil menunjukkan 40 item valid secara isi dengan nilai CVI 0,98. Kemudian karakteristik instrumen memiliki 30 item yang valid dan terbebas dari DIF, reliabilitas instrumen berkriteria bagus, reliabilitas item berkriteria istimewa, dan menghasilkan informasi yang maksimal apabila diberikan pada individu yang berkemampuan sedang. Selanjutnya karakteristik responden memiliki reliabilitas jawaban yang cukup, rata-rata kemampuan literasi kuantitatif dibawah rata-rata kesulitan soaldengan rincian kemampuan siswa perempuan lebih baik dibanding kemampuan siswa laki-laki, serta secara berurutan dari kemampuan tertinggi ke rendah dimulai dari kemampuan representasi, komunikasi, asumsi, kalkulasi, interpretasi, dan analisis.
Keywords: Literasi Kuantitatif, Rasch Model, Sekolah Dasar


Availability

D0022PEP/ds D0022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0022
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 204 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this