Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Instrumen Literasi Kuantitatif untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV / Dameis Surya Anggara

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen literasi kuantitatif sekolah dasar kelas IV yang memiliki kriteria valid secara isi, valid secara internal, reliabel, bebas dari DIF, serta dapat memberikan informasi tentang kemampuan literasi kuantitatif siswa sekolah dasar kelas IV. Atas dasar tujuan tersebut, maka digunakanlah metodologi Research and Developmentdengan prosedur penelitian terdiri dari empat langkah yaitu : Define,Design,Develop, danDisseminate.Tahapdefine,instrumen dikonstrukdari kemampuan interpretasi, representasi, kalkulasi, asumsi, analisis, dan kemampuan komunikasi. Tahap design, instrumen dikembangkan sebanyak 40 item pilihan ganda kemudian dinilai validitas isi oleh 6 pakar dengan analisis CVI. Tahap develope, instrumen diuji ke 480 siswa kelas IV di Kota Semarang dan Kabupaten Demak kemudian dianalisis karakteristik item dan karakteristik responden menggunakan Pendekatan Rasch Model. Tahap disseminate, instrumen disebarluaskan ke sekolah-sekolah responden.Hasil menunjukkan 40 item valid secara isi dengan nilai CVI 0,98. Kemudian karakteristik instrumen memiliki 30 item yang valid dan terbebas dari DIF, reliabilitas instrumen berkriteria bagus, reliabilitas item berkriteria istimewa, dan menghasilkan informasi yang maksimal apabila diberikan pada individu yang berkemampuan sedang. Selanjutnya karakteristik responden memiliki reliabilitas jawaban yang cukup, rata-rata kemampuan literasi kuantitatif dibawah rata-rata kesulitan soaldengan rincian kemampuan siswa perempuan lebih baik dibanding kemampuan siswa laki-laki, serta secara berurutan dari kemampuan tertinggi ke rendah dimulai dari kemampuan representasi, komunikasi, asumsi, kalkulasi, interpretasi, dan analisis.
Keywords: Literasi Kuantitatif, Rasch Model, Sekolah Dasar
Availability
D0022PEP/ds D0022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/ds D0022

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

xii, 204 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PEP/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.