No image available for this title

Text

Kinerja Karyawan Terminal Petikemas Tanjung Priok: Studi Kasus di Terminal Petikemas Koja/ Antaiwan Bowo Pranogyo



Indonesia dalam indeks daya saing global berada pada posisi 50 dari 141 negara dan posisi ke empat di ASEAN setelah Singapura, Malaysia dan Thailand. Peringkat dalam Logistic Performance Index(LPI) berada pada posisi 46 dibawah India, Malaysia dan Vietnam. Rata-rata waktu dwelling timemasih di atas 2,35 hari masih dibawah Malaysia 2,2 hari dan Singapura satu hari. Terminal Petikemas (TPK) Koja merupakan terminal yang diperuntukkan kegiatan bongkar muat barang khususnya petikemas. Kinerja karyawan yang baik akan mempengaruhi kualitas proses dan pelayanan bongkar muat yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus pada TPK Koja. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi KPI (Key Performance Indikator) yang dapat menunjang peningkatan Nilai TPK Koja dengan menggunakan rancangan HR Scorecard, serta menghitung bobot masing-masing KPI dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Processdan mengukur nilai pencapaian kinerja dengan metode scoring systemdan evaluasi hasil pengukuran kinerja dengan Traffic Light System. Perancangan pengukuran kinerja dengan kerangka Human Resource Scorecard menghasilkan 60 KPI yang menunjang peningkatan nilai KSO TPK Koja, yaitu 15 KPI dari perspektifHigh Performance Works System, 15 KPI dari perspektif HR System Alignment, 15 KPI dari perspektif HR Efficiency, dan 15 KPI dari perspektif HR Deliverable. Hasil pengukuran kinerja karyawan KSO TPK berada pada level hijau dengan hasil kinerja sebesar 116,96% atau sangat baik. Namun, masih terdapat 2 KPI yang realisasi di bawah target, yaitu pelaksanaan pelatihan dan tingkat ketersediaan HT-ECH-RS. Maka perusahaan harus melakukan perbaikan pada KPI tersebut agar lebih meningkatkan nilai persentase KSO TPK Koja pada aspek Human Resource.
Kata Kunci: Human Resource Scorecard, Key Performance Indikator, Pengukuran Kinerja, Analytical Hierarchy Process, scoring system, Traffic Light.


Availability

D0025IM/ds D0025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
IM/ds D0025
Publisher Prodi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 282 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
IM/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this