No image available for this title

Text

Pendekatan Reggio Emilia dalam Menjawab Tantangan Kemampuan Anak usia Dini di Abad Ke-21 : Studi Literatur / Rini Julia Sasmita



Pada abad ke-21 ini, setiap manusia termasuk anak usia dini menghadapi tantangan globalisasi. Berdasarkan penelitian terdahulu disimpulkan bahwa pembelajaran yang dapat mempersiapkan anak untuk memiliki kemampuan abad ke-21 adalah pendekatan yang berorientasi pada anak. Pendekatan Reggio Emilia adalah salah satu pendekatan yang berorientasi pada anak. Pendekatan ini menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan menggunakanmaterial terbuka yang telah teruji dapat mengembangkan kemampuan abad ke-21, namun Pendekatan ini memiliki komponen pembelajaran lain. Maka tujuan penelitian ini adalah ingin melihat apakah seluruh komponen Pendekatan ini mampu menjawab tantangan kemampuan di abad ke-21, dan apakah pendekatan dari kota Italia ini dapat diaplikasikan di dalam konteks pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tinjauan pustaka, menganalisa 2 buku sumber data primer tentang Pendekatan Reggio Emilia, 1buku sumber data primer tentang Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan 62 artikel yang terdiri dari sumber data primer dan sekunder tentang Pendekatan Reggio Emilia dan Kemampuan abad ke-21.
Kata kunci: reggio emilia; kemampuan abad ke-21; pendidikan anak usia dini


Availability

T0021PAUD/ts T0021Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0021
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xiii, 345 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this