No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Lempar Lembing untuk Siswa SMK/ Ana Laela



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan model pembelajaran lempar lembing untuk siswa/i SMK( Sekolah Menengah Kejuruan). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Borg and Gall, adapun subjek dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu siswa/i SMK . Pada uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil) menggunakan subjek 20 siswa/i dan uji coba kelompok besar menggunakan 40 subjek sedangkan uji efektivitas menggunakan 40 subjek. Pada uji efektivitas model pembelajaran menggunakan instrumen penilaian keterampilan cara memegang lembing, sikap awalan, gerakan lempar, sikap akhir/pemulihan mengunakan rubrik/portofolio (penilaian proses). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, hasil pada tes awal sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran lempar lembing yaitu sebesar 52.93 kemudian setelah di berikan perlakuan model pembelajaran lempar lembing meningkat menjadi 89.90. Dalam uji signifikansi perbedaan dengan aplikasi SPSS Statistic memperoleh hasil t-hitung –86.01 dan Sig.(2-tailed) 0,00 < 0,04 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada model pembelajaran lempar lembing untuk siswa/i SMK sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran lempar lembing. Berdasarkan analisis data diatas dapat dikatakan bahwa model pembelajaran lempar lembing untuk siswa/i SMK efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing untuk siswa/iSMK.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Lempar Lembing


Availability

T0053PENJAS/ts T0053Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ts
Publisher Prodi Magister Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xii, 98 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this