Record Detail
Advanced SearchText
Peran Bela Diri Pencak Silat dalam Mengembangkan Kedisiplinan pada Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Anak Kelas II di SDIT Paramarta Nurul Islam Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2020)/ Putri Fatmawati Arinal Hasanah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bela diri pencak silat dalam mengembangkan kedisiplinan anak usia dini berdasarkan perilaku kedisiplinan anak baik di lingkungan sekolah, rumah ataupun di padepokan (tempat berkegiatan silat anak), serta urgensi bela diri pencak silat, metode latihan bela diri pencak silat untuk anak usia dini dan alasan orang tua memilih aktivitas pencak silat sebagai ektrakulikuler untuk anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang anak kelas II SD, orang tua anak, pelatih silat, guru kelas, serta praktisi dan akademisi pencak silat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh temuan bahwa pencak silat merupakan olahraga bela diri yang diperkenalkan kepada anak sebagai olahraga untuk menjaga kebugaran jasmani, menjaga diri, sarana prestasi, pengenalan budaya dan membentuk karakter seperti kedisiplinan, percaya diri, religius, dll. Hal tersebut juga dijadikan sebagai alasan oleh orang tua untuk menjadikan bela diri pencak silat sebagai olahraga untuk anak-anak terutama untuk anak usia dini. Meskipun pencak silat sebagai olahraga bela diri namun proses pengenalan pencak silat kepada anak-anak tentunya berbeda dengan proses pengenalan dengan orang dewasa, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat sehingga tetap dalam konteks bermain dan dikemas sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kesan kekerasan atau permusuhan tetapi dibuat agar timbul rasa senang pada anak dan juga harus memperhatikan faktor keselamatan anak. Selain itu dalam aktivitas bela diri pencak silat memiliki banyak kaidah atau aturan yang mengatur jalannya kegiatan dari awal hingga akhir, sehingga melatih anak untuk terbiasa menyesuaikan setiap kaidah tersebut. Hal inilah yang menjadikan anak yang ikut berpartisipasi dalam aktivitas pencak silat lebih patuh pada aturan- aturan baik di sekolah, rumah atau lingkungan sekitar anak, serta menjadikan anak lebih baik dalam mengatur waktunya baik untuk belajar, bermain dan beristirahat.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kedisiplinan, Pencak Silat.
Availability
T0043 | PAUD/ts T0043 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ts T0043
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2021 |
Collation |
xii, 109 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available