No image available for this title

Text

Pengembangan Buku Panduan Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indra/ Rosiyanah



Pemberian stimulasi sensori yang terbatas pada tahun-tahun pertama setelah kelahiran anak telah memunculkan gangguan sensori yang menghambat aktivitas belajar anak saat memasuki dunia sekolah. Berangkat dari keadaan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku panduan stimulasi sensori pada anak usia 4-6 tahun berbasis aktivitas bermain tujuh indera yang ditujukan untuk para guru anak usia dini terkhusus guru di satuan pendidikan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang dapat menjadi panduan dalam menstimulasi kemampuan sensori anak dalam proses pembelajaran dengan pendekatanbermain.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terintegrasi dengan model Rowentree. Subjek dari penelitian ini adalah para guru di satuan pendidikan dalam lingkungan Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil analisa data terdapat peningkatan skor penilaian penggunaan panduan dalam tahapan uji coba, yaitu: 1) Skor nilai hasil uji coba one to one dengan lima orang responden didapat perolehan skor 472 dari skor maksimal 625 dalam prosentase 75,52%. 2) Skor nilai hasil uji coba kelompok kecil dengan15 orang responden diperoleh skor 1663 dari skor maksimal 1875 dalam rata-rata prosentase 88,69%. 3) Skor nilai uji coba lapangan utama dengan 35 orang responden didapat perolehan skor 4156 dari skor maksimal 4375 dalam prosentase 94,99%. Berdasarkan ketiga tahapan uji coba panduan didapat total nilai skor perolehan 6291 dari skor maksimal 6875 dalam bentuk prosentase91,50%.Berdasarkan hasil skor rata-rata prosentase dari ketiga tahapan uji coba yang telah dilakukan berada dalam rentang nilai prosentase 76% -100% maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan stimulasi sensori berbasis tujuh indera dalam kategori sangat baik. Simpulan penelitian pengembangan ini berdasarkan hasil skor penilaian penggunaan dalam kegiatan tiga tahapan uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan stimulasi sensori berbasis aktivitas bermain tujuh indera dalam kategori sangat baik yang diinterpretasikan bahwa buku panduan sangat layak digunakan. Buku panduan stimulasi sensori dengan pendekatan bermain tujuh indera dapat meningkatkan kompetensi pedagogis, sikap dan profesional para guru dalam memahami dan menstimulasi sensori dengan tepat melalui aktivitas bermain yang mengaktifkan tujuh indera tersusun secara terstruktur dan sistematis sehingga mengoptimalkan kematangan dan kesiapan anak belajar secaraakademik.
Kata Kunci: Stimulasi sensori, aktivitas bermain, tujuh indera.


Availability

T0037PAUD/ts T0037Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0037
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xix, 248 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this