No image available for this title

Text

Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permaina Fisik untuk Anak Usia Dini: Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A di TK Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat Tahun Ajaran 2018/2019/ Cici Ratna Sari



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan permainan fisik untuk anak usia dinidalam meningkatkan perilaku sosialanak. Penelitian ini dilakukan di TK Aster Indah Korong Balai Satu, Provinsi Sumatera Barat pada bulan April 2019. Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 10 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakankelas. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan untuk 12 pertemuan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan ststistic deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari catatan lapangan dan dokumentasi selama melakukan penelitian dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display dan juga verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase pra siklus sebesar 48,70%, siklus I 65,02%, kemudian siklusII menjadi 84,25%. Simpulan penelitian ini bahwa permainan fisik untuk anak usia diniefektif digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan perilaku sosial anak di TK Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat.
Kata Kunci: Perilaku Sosial, Permainan Fisik Untuk Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas


Availability

T0035PAUD/ts T0035Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0035
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 280 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this