No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Pengendalian Diri terhadap Pengetahuan Antikorupsi: Eksperimen pada Anak TK B Jawa Tengah Tahun 2018 /DESTI PUJIATI



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan pengendalian diri terhadap pengetahuan anti korupsi siswa taman kanak-kanak (TK) di provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan sampel dalam penelitian ini adalah 82 siswa (41 siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode bermain peran dan 41 siswa pada kelas kontrol dengan metode story telling) di Taman Kanak-kanak provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsi anak dengan pengendalian diri tinggi yang belajar menggunakan metode bermain peran lebih tinggi dari anak dengan menggunakan metode story telling (10,18>8,27), 2) Nilai rata-rata pengetahuan antikorupsiyang memiliki pengendalian diri rendah dengan menggunakan metode bermain peran lebih tinggi dari yang mengikuti metode story telling (6,55>6,36), 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pengendalian diri terhadap pengetahuan anti korupsi (Fh 30,94 > Ft 4,08), 4) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsisiswa yang belajar dengan menggunakan metode bermain peran dengan pengendalian diritinggi lebih baik dari anakdengan pengendalian diri rendah (10,18>6,55), 5) Nilai rata-rata pengetahuan anti korupsisiswa yang belajar dengan menggunakan metode story telling dengan pengendalian diri tinggi lebih baik dari anak dengan pengendalian diri rendah (8,27>6,36). Disimpulkan bahwa metode pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan anti kurupsi anak dengan memperhatikan tingkat pengendalian diri anak.
Kata Kunci: Metode pembelajaran, pengendalian diri, dan pengetahuan anti korupsi


Availability

D0047PAUD/ds D0047Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ds D0047
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 209 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this