No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Kemandirian terhadap Perilaku Prososial: Studi Eksperimen pada Anak Usia 5-6 Tahun, di Kediri-Jawa Timur, Tahun 2018 /Dema Yulianto



Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatiftipe picture and picture(PAP) dan tipe student teams achivement divisions(STAD) dengan kemandirian terhadap perilaku prososial anak usia dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Gogorante dan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, di Provinsi Jawa Timur. Metode eksperimen yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Analisis data menggunakan Anava dua jalur. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Samplingdengan jumlah sampel sebanyak 48 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perilaku prososial anak usia dini antarakelompok anak yangdiberikan pembelajaran kooperatif tipe PAPlebih tinggidengankelompok anak yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD 2) Perilaku prososial anakusia dini berbeda antara kelompok anak yangmemiliki kemandirian tinggilebih baikdengan kelompok anak yang memiliki kemandirian rendah 3) Terdapatpengaruhinteraksi antara pembelajaran kooperatif dan perilaku prososial yang dipengaruhi oleh kemandirian anak usia dini4) Perilaku prososial anakusia diniberbeda antara kelompok anak yang diberikan pembelajaan kooperatif tipe PAP lebih baik dengan kelompok anak didik yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kemandirian tinggi5) Perilaku prososial anakusia diniberbedaantara kelompok anak yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dengan kelompok anak yang diberikan pembelajaran PAP pada kemandirian rendah.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif, kemandirian, perilaku prososial


Availability

D0045PAUD/ds D0045Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ds D0045
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
x, 190 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this