No image available for this title

Text

Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar/ Ina Magdalena



Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar”. Disertasi Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang kualitas pelaksanaan program GLS di sekolahdasar wilayah Tangerang dengan menggunakan model evaluasi konteks, Input, Proses, dan Produk (CIPP). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di enam Sekolah Dasar yang terakreditasi A dan B dan telah menggunakan kurikulum 2013 serta telah melaksanakan program GLS. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan narasumber terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Validasi instrumen diuji dengan menggunakan Expert Judgmentoleh 6 orang ahli. Hasil penelitian komponen konteks berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, diperoleh data bahwa dasar kebutuhan GLS di setiap sekolah adalah minat membaca siswa yang begitu rendah. Pada komponen input, diperoleh data bahwa setiap sekolah sudah memiliki SDM dan sarana-prasarana GLS meskipun belum optimal. Pada komponen proses, diperoleh data Gerakan Literasi Sekolah belum berjalan optimal, hal ini dibuktikan dengan data bahwa sekolah tidak memiliki proker, jadwal dan pedoman pelaksanaan GLS. Pada komponen produk, diperoleh data bahwa siswa telah mulai menumbuhkan kreativitasnya dengan membuat karya atau produk literasi seperti rangkuman, teks pidato, pantun, puisi, cerpen, dan mahir bercerita. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa program GLS telah berjalan baik dan dapat diteruskan dengan beberapa perbaikan agar keterlaksanaan program menjadi optimal. Peneliti merekomendasikan kepada pemerintah untuk membuat jaringan SDM gerakan literasi sekolah yang tersebar merata di seluruh satuan pendidikan. Peneliti merekomendasikan kepada tingkat satuan pendidikan untuk membuat perencanaan program gerakan literasi sekolah yang terarah dan sistematis mulai dari perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang serta diturunkan dengan terperinci melalui jadwal kegiatan literasi harian, mingguan, bulanan, semesteran dan kegiatan literasi tahunan (kegiatan puncak). Peneliti merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dalam rangka menemukan data kuantitatif berbasis survei mengenai keberhasilan program GLS.
Kata Kunci: Evaluasi Program, GLS, Literasi, Sekolah Dasar, CIPP Model


Availability

D0071PD/ds D0071Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0071
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 278 hlm. : Ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this