No image available for this title

Text

Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan , Sikap, dan Perilaku Keragaman Budaya Nasional Siswa Kelas IV SD Menggunakan Metode Role Play Berbasis Value Clarification Technique (VCT)/ AWIRIA



Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode role play untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku Keragaman budaya nasional siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulogebang 08 Pagi Jakarta Timur, dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dari Mc. Taggart yang dilakukan selama empat siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui soal, lembar angket, pengamatan, serta lembar observasi pelaksanaan metode role play dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, dan hasil dokumentasi berupa foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, perubahan sikap, dan perilaku Keragaman budaya nasional siswa melalui metode role play. Hal ini dibuktikan dengan hasil soal awal pengetahuan keragaman budaya nasional siswa 68,87%, siklus I 72,57%, sedangkan penilaian sikap di dapat, angket awal 65,05%, kemudian pada siklus II yaitu 74,80%, pada siklus IV hasil soal pengetahuan keragaman budaya nasional siswa 75,06%, sedangkan pada siklus IV penilaian sikap mencapai 76,70%, dan aktivitas guru pada siklus I 50% dan siswa 47.2%, pada siklus II presentasi hasil guru 75%, siswa 78%, pada siklus III guru 86% , Siswa 83% , pada siklus IV presentasi hasil guru dan siswa 100% (mastery learning). Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode role play dapat meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap, dan perilaku Keragaman budaya nasional siswa seperti toleransi, menghargai perbedaan agama, menghormati keragaman suku budaya, solidaritas, dan menghargai martabat individu.
Kata kunci : Role Play, VCT, Keragaman Budaya Nasional, PPKn


Availability

D0073PD/ds D0073Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0073
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix, 535 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this