No image available for this title

Text

Peningkatan Keterampilan Membaca Kritis Melalui Metode Discovery Learning di Kelas 5 Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Palembang Sumatera Selatan/ ELHEFNI



Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan cara meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas 5 D melalui metode discovery learning, dan 2) mengetahui metode discovery learningdapat meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa di kelas 5 D Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Palembang, Sumatera Selatan. Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan model Elliott yang terdiri atas 3 siklus dan 3 tindakan pada masing-masing siklus. Fokus penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa melalui metode discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 D Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Palembang, Sumatera Selatan tahun pembelajaran 2018/2019 berjumlah 32 siswa (17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan). Teknik pengumpul data menggunakan tes kemampuan siswa, angket, observasi, wawancara, catatan harian, analisis dokumen, bukti foto, dan rekaman video & transkrip.Hasil penelitian ini, yaitu: 1) keterampilan membaca kritis dapat ditingkatkan pada siklus 1 dengan menggunakan metode discovery learningdan dibantu dengan media berupa kertas warna, spidol, lakban, diskusi kelompok, penggunaan soal esai perkelompok dan individu. Siklus 2 sama seperti siklus 1 dengan penambahan bantuan media pembelajaran berupa laptop dan proyektor, panduan penemuan (a guidline of discovery) keterampilan membaca kritis, reward, dan lembar pertanyaan untuk tugas kelompok dan individu. Pada siklus 3 tidak dapat ditingkatkan lagi meski telah menggunakan metode discovery learning, pendekatan individu, panduan penemuan (a guidline of discovery) keterampilan membaca kritis, dan lembar pertanyaan untuk tugas individu. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 41%, siklus 2 sebesar 91%, dan mengalami penurunan pada siklus 3 menjadi 33%. Nilai rata-rata tiap indikator keterampilan membaca kritis mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 42%, siklus 2 sebesar 100%, dan mengalami penurunan pada siklus 3 menjadi 0%. Ketaktercapaian ketuntasan hasil belajar dan indikator keterampilan membaca kritis pada siklus 3 disebabkan tiga orang siswa yang diberikan tindakantersebut adalah siswa yang memerlukan perhatian khusus..Kata kunci: metode discovery learning, keterampilan membaca kritis, penelitian tindakan model Elliott


Availability

D0078PD/ds D0078Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0078
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 587 hlm., ilus; 29,6 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this