No image available for this title

Text

Lingkungan Belajar, Self-Inquiry dan Minat terhadap Penilaian Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi di Sekolah Dasar Negrei Cilandak Jakarta Selatan. / OKTA ROSFIANI



Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruhlingkungan belajar, self-inquiry,dan minat terhadappenilaian belajarIPS siswa, kemudian mengidentifikasi penyebab dan pengaruhdari masing-masing variabel. Respondenyang terlibat adalah 130 siswa dari sekolah dasar negeri di Jakarta Selatan. Penelitianmenggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan korelasional, denganteknik analisis jalur.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk tes untuk mengases nilai IPS siswa; dan instrumen berbentukrating scale untuk mengukur sikap siswa terhadap lingkungan belajar, self-inquiry, dan minat mereka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika deskriptif, statistika inferensial, beserta uji persyaratan analisisnya yaitu uji normalitasdan linearitas. Analisis data deskriptif berupahasil penjumlahan skor dari instrumen penilaian belajar IPS, lingkungan belajar, dan minat. Analisis data dari uji persyaratan normalitas disajikan dalam bentuk output numerik dan visual skewness & kurtosis z-values; Shapiro-Wilk test p-value; histograms, normal q-q plots & box plots. Analisis data dengan statistik inferensial menggunakan prosedur statistik korelasional yaitu path analysis. Adapun alat pengolah data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian adalah Statistic Package for the Social Sciences (SPSS) 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar, self-inquiry, dan minat secara langsung mempengaruhi penilaian belajarIPS, dimana self-inquirydan minat berpengaruh signifikan terhadap penilaian belajar IPS. Lingkungan belajar fisik dan mental terbukti mempengaruhi penilaian belajar IPS. Self-inquiry yang terdiri dari pengamatan, mengajukan pertanyaan, melakukan penyelidikan, dan menarik kesimpulan, terbukti berpengaruh signifikan terhadap penilaian belajar IPS. Serta minat berpengaruh signifikan terhadap penilaian belajar IPS.Kata kunci:lingkungan belajar, self-inquiry, minat, IPS, penilaian


Availability

D0085PD/ds D0085Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 162 hlm, Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this