Record Detail
Advanced SearchText
Strategi Inovatif Program Pendidikan Karakter: Studi Evaluasi di SD Tangerang Selatan)/ANDAYANI
Pendidikan karakter merupakan programnasional di Indonesia dimulai tahun 2010 berpayung hukum pada Instruksi Presiden Nomor1 tahun 2010. Fokus pelaksanaanprogrampendidikan karakterdikhususkan pada nilai religius, cinta tanah air, dan peduli lingkungan.Evaluasi program menggunakan Model CIPPyaitu:konteks, input, proses, dan produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek penelitian ini adalahkepala sekolah, guru, dan siswadi SD Tangerang Selatan. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles-Huberman, yaitu reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Inovatif Program Pendidikan Karakter yang diperolehberdasarkan hasil evaluasi secara umum terkaitaspekkonteks, input, proses danprodukdari pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Tangerang Selatan yang dikategorikan cukup. Dalam hal ini, masihdibutuhkan pengembangan prosedur pelaksanaan yang memiliki standar samaselain pelaksanaan yang lebih konsisten. Untuk itu, diperlukankajian pengembangan lebih lanjut, khususnya untuk standarisasi metode, pembinaan, dan pengawasan yang efektif dan konsisten terkait penelitian ini.
Kata kunci: Evaluasi, Program Pendidikan Karakter, Model CIPP, Sekolah Dasar
Availability
D0094 | PD/ds D0094 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D0094
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xxi, 333 hlm. : ilus. ; 29 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available