Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Marlisi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kota Bogor/ TUSTIYANA WINDIYANI
Keterampilan menulis sangat penting untuk diajarkan di sekolah karena sangat diperlukan dan berpengaruh terhadap mata pelajaran lain. Keterampilan menulis menjadi indikator penunjang keberhasilan dan prestasi akademik peserta didik di sekolah. Oleh sebab itu, guru harus melatih dan mengembangkan keterampilan menulis peserta didik sejak dini. Pembelajaran menulis peserta didik di sekolah menjadi wadah dalam mengembangkan minat, bakat dan potensi peserta didik dalam bidang menulis. Tugas guru di sekolah berperan untuk untuk mentransmisikan dan mengembangkan potensi dan bakat peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran game edukatif marlisi untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri Kota Bogor dengan jumlah responden 100 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan model Lee and Owens. Tahapan penelitian dilakukan dengan konsep ADDIE, yaitu Assessment/Analysis; Design; Development; Implementation; Evaluation. Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan, kemudian melakukan pengembangan media pembelajaran,selanjutnya melakukan validasi oleh ahli, melakukan evaluasi dan revisi, terakhir mengimplementasikan multimedia game marlisi di sekolah yang telah ditentukan. Hasil penelitian dari validasi aspek materi, media, dan bahasa menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran game edukatif marlisi ini valid. Pada tahap uji perorangan dan uji kelompok kecil, peserta didik yang dijadikan subjek penelitian memberikan respon sangat baik terhadap multimedia game edukatif yang digunakan. Efektifitas produk yang dikembangkan dilanjutkan dengan uji kelompok besar dengan 100 peserta didik. Hasil analisis uji-t menunjukan perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia game edukatif yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri Kota Bogor. Multimedia game marlisi ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran menulis narasi.
Kata Kunci : Multimedia Game Edukatif Marlisi, Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia
Availability
D0104 | PD/ds D0104 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D0104
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xv, 213 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available