Record Detail
Advanced SearchText
Literasi Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Latar Belakang Penddiikan : Studi Fenomenologi pada siswa kelas 1 SDN Cijambu dan SDN Siliwangi di Kabupaten Bogor Selatan / AHMAD SYARIF
Tujuan penelitianini adalah untuk menemukan modelliterasi membacapermulaansiswa Sekolah Dasar berdasarkan latar belakang pendidikan. Metodepenelitian menggunakankualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan desain model Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil penelitianmenemukan model literasi membaca permulaansiswa bersifat hirarkis, yaitu pengetahuan alfabet, kesadaran fonemik, kesadaran fonologi,fluensi dan pemahaman membaca. Siswa yang berlatarpendidikanPAUD sudah menguasai kesadaran fonologi dibanding siswa NONPAUD ketika masuk SD. Hal ini karena tuntutan orangtua dan tingginya tujuan membaca di SD sehingga PAUD membelajarkanmembaca. Model literasitersebut diperoleh melalui: 1) pembelajaran literasi membaca permulaan menggunakankurikulum2013, mediakartu kata dan gambar, materibelajaryang bersifat tematik, penggunaan strategifonik dan whole language, dan penilaian sesuai tujuan pembelajaran (membaca pemahaman), 2)peran keterlibatan orangtuamelaluiparenting helping,komunikasi yang efektif, relawan/organisator & partisipator, pembelajaran di rumah, pengambilan keputusan, 3) bimbingan belajar yang mengacu pada tujuanperbaikan, pengayaan, dan motivasi siswa dalam membaca, strategi penggunaaan fonik dan whole languange, media belajar visual dan materi kurikulum 2013. Keterbaruandari penelitian ini, yaitu menemukan model hirarkis literasimembaca permulaan anak-anak, siswa yang sudah mampu menghubungkan bunyi bisa langsung menguasai pemahaman bacaan mestipun tidak fluensi,menemukanpergeseran orientasi tujuan literasimembaca di PAUD yang tidak sesuai dengan aturan/kurikulum pemerintah karena tuntutan orangtua dan tingginya tujuan literasi membaca di SD. Rekomendasipenelitianini, yaitu perlu dikembangkan kebijakan kurikulum literasi membaca permulaan yang jelas dan berjenjang antara literasi membaca di PAUD dan Sekolah Dasar.Kata Kunci: Literasi MembacaPermulaan, Pembelajaran Literasi, Bimbingan Belajar, Peran Orangtua.
Availability
D0111 | PD/ds D0111 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D0111
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xxvii, 357 hlm., Ilus ; 29,6 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available