No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Discrepancy Model pada Sekolah Dasar di Ibu Kota Tangerang : Penelitian evaluasi program/ kebijakan tentang Kurikulum 2013 dengan Discrepabcy Model / Yeni Nuraeni



Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesenjangan Implementasi Kurikulum 2013 antara program yang sudah ditetapkan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan pada Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Standar evaluasi yang digunakan adalah standar isi (Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016), standar proses isi (Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016) dan standar penilaian isi (Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016). Subjek penelitian ditetapkan tiga sekolah rintisan yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 yang berada di wilayah Kota Tangerang Provinsi Banten. Ujung tombak dari implementasi kurikulum 2013 ini adalah proses pembelajaran di sekiolah, maka kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran serta melakukan penilaian termasuk komponen yang dievaluasi oleh peneliti. Hasil evaluasi pada standar isi ditemukan kesenjangan tentang perencanaan, perumusan KD dan Indikator, lingkup materi serta karakteristik keilmuan mencapai 29%. Sedangkan hasil evaluasi pada standar proses ditemukan kesenjangan sebesar 30% pada pelaksanaan pembelajaran berbasis saisntifik, pembelajaran tematik terpadu, pembelajaran yang berpusat pada siswa serta pemahaman guru serta pemnggunaan aneka sumber belajar. Pada standar penilaian ditemukan kesenjanagn sebesar 28% pada penilaian autentik yang belum difahami guru secara optimal penilaian otentik, penilaian diri, penilaian portofolio serta penggunaan penilaian dalam bentuk jurnal. Temuan kesenjangan pada penilaian autentik adalah keseimbangan antara penilaian kognitif, afektif dan psikomotor tetap lebih cenderung pada sisi kognitif.Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Nasional, Discrepancy


Availability

D0113PD/ds D0113Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D0113
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 335 hlm., Ilus; 29,6 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this