No image available for this title

Text

Pengaruh Self Eficacy Belief, Motivasi Kerja, Kemampuan Matematika dan Pengetahuan Mengkontruksi Tes terhadap Kualitas Instrumen Tes Matematika Buatan Guru SD : Studi kausal pada guru-guru SD di DKI Jakarta / Iva Sarifah



Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh self efficacy belief, motivasi kerja, kemampuan matematika, dan pengetahuan mengkonstruksi tes terhadap kualitas instrument tes matematika buatan guru SD. Sampel penelitian ini terdiri atas 100 orang guru SD. Teknik pengambilan sampel menggunakan two stage simple random sampling.Data kualitas instrumen tes matematika buatan guru SD dikumpulkan dengan menggunakan penilaian kinerja oleh tiga rater, data kemampuan matematika dan pengetahuan mengkonstruksi tes dikumpulkan dengan tes bentuk pilihan ganda, sedangkan data self efficacy beliefdan motivasi kerja dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakanpath analysisyang dioperasikan melalui program Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self efficacy belief secara langsung berpengaruh positif terhadap kualitas instrumen tes matematikabuatan guru SD; (2) motivasi kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap kualitas instrumen tes matematika buatan guru SD; (3) kemampuan matematika secara langsung berpengaruh positif terhadapkualitas instrumen tes matematika buatan guru SD; (4) pengetahuan mengkostruksi tes secara langsung berpengaruh positif terhadap kualitas instrumen tes matematika buatan guru SD; (5) self efficacy belief secara langsung berpengaruh positif terhadap motivasi kerja; (6) self efficacy belief secara langsung berpengaruh positif terhadap kemampuan matematika; (7) self efficacy belief secara langsung berpengaruh positif terhadap pengetahuan mengkonstruksi tes; (8) motivasi kerjasecara langsung berpengaruh positif terhadap kemampuan matematika; (9) motivasi kerjasecara langsung berpengaruh positif terhadap pengetahuan mengkonstruksi tes; dan (10) kemampuan matematika secar langsung berpengaruh positif terhadap pengetahuan mengkonstruksi tes.Kata Kunci: Kualitas Instrumen Tes Matematika Buatan Guru SD, Self Efficacy Belief, Motivasi Kerja, Kemampuan Matematika, dan Pengetahuan Mengkonstruksi Tes.


Availability

D0123PEP/ds D0123Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0123
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxii, 614 hlm., Ilus ; 29,6 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this