No image available for this title

Text

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Teknik Penilaian Kelas Terhadap Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Pandeglang Banten / Fitri Hilmiyati



Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan teknik penilaian kelas terhadap kemampuan penalaran dan representasi matematika siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Cening dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pandeglang 2 Labuan, Pandeglang. Hasilpenelitian iniadalah 1) Kemampuan penalaran matematika melaluipembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. 2) Kemampuan representasi matematika melaluipembelajaran matematika realistik lebih rendah daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. 3) Kemampuan penalarandan representasimatematika melaluiteknik penilaian kelas SGTQlebih tinggi daripada yang diberi teknik penilaian kelas AC. 4) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan teknik penilaian kelas terhadap kemampuan penalaran dan representasi matematika. 5) Untuk siswa padakelas SGTQ, kemampuan penalarandan representasimatematika yang menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori. 6) Untuk siswa padakelas AC, kemampuan penalaran dan representasi matematika melaluipembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada yang menggunakanpembelajaran matematika realistik. 7) Untuk siswa pada kelas pembelajaran matematika realistik, kemampuan penalaran dan representasi matematika yang diberi teknik penilaian kelas SGTQlebih tinggi daripada yang diberi teknik penilaian kelas AC. 8) Untuk siswa pada kelaspembelajaran ekspositori, kemampuan penalaran matematika yang diberi teknik penilaian kelas AClebih tinggi daripada yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ. 9) Untuk siswa pada kelaspembelajaran ekspositori, kemampuan representasi matematika yang diberi teknik penilaian kelas AClebih rendah daripada yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ.Hasil penelitian inimenunjukan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dan teknik penilaian kelas dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematika siswasehingga dapat diimplementasikan sebagai alternatifmetode dalam kegiatan pembelajaran matematika olehpara pendidik. Kata kunci: pendekatan pembelajaran, teknik penilaian kelas, kemampuan penalaranmatematika, kemampuanrepresentasimatematika


Availability

D0150PEP/ds D0150Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0150
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 317 hlm, Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this