No image available for this title

Text

Evaluasi Program Sekolah Efektif pada Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan / Evi Sopandi



Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan di MAN Insan Cendikia Serpong sebagai sekolah terkemuka, dalam perspektif antecendent, transaksi, dan hasil. Penelitian ini adalah penelitian efektivitas sekolah yang menggunakan model evaluasi Countenance dari pasak sebagai dasar metodologinya. Data dikumpulkan dari semua elemen pendidikan di MAN Insan Cendikia Serpong, termasuk kepala sekolah, guru, dan peserta didik terbatas pada murid air mata kedua dan ketiga. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Di samping statistikdeskriptif. Data penelitian yang diperoleh juga dianalisis menggunakan penalaran kualitatif untuk mengkonfirmasi data yang diamati faktual dengan kriteria evaluasi tertentu. Dua kriteria yang digunakan di sini adalah kriteria absolut, yang berasal dari program internal dan kriteria relatif yang merupakan kriteria yang diturunkan dari program lain yang dianggap setara. Hasil penelitian mengungkapkan hal-hal berikut. Pertama, hampir semua aspek anteseden, seperti jumlah peserta didik dan kualitas input peserta didik dari sumber pembelajaran proponet, kualitas guru, berada dalam kondisi ideal. Kedua, secara internal, proses pendidikan di MAN Insan Cendikia berjalan dengan baik, dan secara eksternal, terkait dengan fungsinya sebagai model, implementasinya belumoptimal. Peserta didik dan guru memandang bahwa implementasi pendidikan di MAN Insan Cendikia berjalan dengan baik, dengan memperhatikan fasilitas belajar yang lebih lengkap daripada tose sekolah lain. Pada akhirnya yang ketiga, prestasi belajar peserta didik MAN Insan Cendikia, yang ditunjukkan oleh skor mereka pada UN dan berbagai pencapaian tingkat, meningkat dibandingkan dengan hasil tahun-tahun sebelumnya, dan ini dapat dinilai sebagai pencapaian yang baik dari MAN Insan Cendikia di dalam melakukan proses pendidikan.Kata kunci: Model Evaluasi Counance Stake,MAN Insan Cendikia SerpongMAN (Madrasah Aliyah Negeri)


Availability

D0152PEP/ds D0152Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0152
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 163 +... hlm, Ilus; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this