No image available for this title

Text

Pengaruh Kemandirian Belajar, Kecerdasan Sosial, dan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris terhadap Keterampilan Menulis Teks Rekon Bahasa Inggris Siswa SMAN Kota Depok / Maskur



iiABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengukurpengaruh kemandirian belajar, kecerdasan sosial, keterampilan membaca teks bahasa Inggris terhadap keterampilan menulis teks recon bahasa Inggris siswa SMAN di KotaDepok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kelas XI di wilaya zonasi pendidikan 2 KotaDepok dan 332 siswa yang dipilih secara acak sebagai sampel. Kuesioner dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan membaca teks bahasa Inggris dengan koefisien 0,40; Kecerdasan sosial berpengaruh positif langsung signifikan terhadap keterampilan membaca teks bahasa Inggris dengan koefisien 0,42; Kemandirian belajar berpengaruh positif langsung signifikan terhadap keterampilan menulis teks rekon bahasa Inggris (0,22); Kecerdasan sosial berpengaruh positif langsung signifikan terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris (0,24); Keterampilan membaca bahasa Inggris berpengaruh positif langsung secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris (0,56). Selain itu, kemandirian belajar secara signifikan berpengaruh positif tidak langsung terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris melalui keterampilan membaca bahasa Inggris (0,224); Kecerdasan sosial berpengaruh positif tidak langsung secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris (0,24). Selanjutnya, total pengaruh kemandirian belajar terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris adalah 0,44; pengaruh total kecerdasan sosial terhadap keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris adalah 0,48.Kata kunci:kemandirian belajar, kecerdasan sosial, keterampilan membaca teks bahasa Inggris, keterampilan menulis teks rekonbahasa Inggris


Availability

D0154PEP/ds D0154Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0154
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 330 hlm, Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this